Gule Maryam KH Mansyur Surabaya : Kuliner Rindu Ramadhan

01.51

Hai Sobat Lapers,


Sejenak disore yang mulai beranjak petang, terlintas suara hati yang teringat kalau sebentar lagi memasuki bulan ramadhan. Bayangan-bayangan indahnya bulan ramadhan sudah mulai berlalu lalang dipikiran. Entah dari suasana maupun kuliner khas yang mana kuliner-kuliner tertentu ini akan naik daun kalau sudah menginjak bulan ramadhan.


Daripada hanya terbawa suasana, travelaper pun segera mengambil kuda besi dan meluncur di Kawasan Religi Ampel Surabaya. Siapa sih yang belum tahu Ampel? Ampel ini kan kawasan religi, tepatnya merupakan tempat dimana terdapat makam Sunan Ampel. Disekitar kawasan ini sering juga dijuluki sebagai kampung Arab dikarenakan terdapat banyak pemukiman warga keturunan Arab.

Sesuai tema rindu ramadhan, tentunya kuliner yang dipilih berbau kuliner timur tengah. Gule Maryam salah satunya! Dan.. kami putuskan untuk mencoba Gule Maryam KH. Mansyur yang lokasinya terletak di bundaran Jl. KH Mas Mansyur tepatnya dipinggir Masjid Al-Irsyad Surabaya, seberang Hotel Quds.


Gule Maryam adalah gule khas timur tengah yang sudah pasti rasa, bumbu maupun teksturnya sangat kental dengan pengaruh timur tengah seperti Arab-India. Kita bahas mulai dari kuah, gule maryam memiliki kuah khas dengan campuran kacang hijau. Campuran ini menambah cita rasa gurih, serta membuat kuahnya sedikit kental. Rasanya cukup lezat dan yang menarik adalah sajian daging yang ditusuk seperti sate. Dagingnya sendiri adalah daging kambing. Meski begitu kalian tak perlu khawatir akan baunya ya, sobat lapers. Penjualnya ini tampaknya dapat mengolah dengan baik sehingga aroma kambingnya tidak terasa dan teksturnya sangat empuk.


Yap! Gule ini tidak dihidangkan dengan nasi putih. Melainkan dihidangkan dengan Roti Maryam. Karena konon katanya, makanan pokok di timur-tengah pada jaman dahulu adalah gandum yang dijadikan roti. Pengaruh budaya makanan ini masuk dan masih tetap terjaga hingga sekarang. Rasa roti mariyam ini enak loh sobat, gurih dan beda dari roti biasanya. Cara makannya sederhana, cukup robek roti mariyam dan celup pada kuah gulenya.

Selesai sudah kuliner rindu ramadhan kami dengan Gule Maryam sebagai pilihan kami. Untuk harganya cukup murah loh. Roti mariyamnya sendiri dijual Rp 3000,-/lembar dan gule Rp 15000/porsi. Kalian juga bisa hanya membeli roti maryamnya saja untuk olahan atau jajanan di rumah.

Jangan lupa untuk terus stay tuned di Travelaper karena kami akan terus sajikan review heboh yang bisa jadi referensi untuk kalian. Kirimkan ide kalian melalui halaman contact untuk tempat-tempat kuliner yang ingin kami review.

Rate : 7/10
Pelayanan : 7/10
Harga : 3000 - 20000
Nama : Gule Maryam KH. Mansyur
Lokasi : Jl. Sultan Iskandar Muda (Masjid Al-Irsyad Surabaya)
Jam buka : 16.00 - 22.00

You Might Also Like

0 komentar

Follow Us On Instagram

Like us on Facebook

Follow Us On Twitter

Subscribe